Thursday, February 25, 2016

Malas Belajar ? Ini Sebabnya

Pernahkah kamu belajar namun apa yang kamu pelajari tidak masuk di dalam otak mu ?
Pernahkah kamu menghapal suatu materi namun sama sekali tidak menempel di kepalamu?
Saya sendiri pernah mengalaminya, bahkan sering
Lalu bagaimana mengatasinya ?

Sebagai mahasiswa di kampus Islam, saya di suruh untuk menghapal juz 30 dan akan di uji pada kemudian hari. Sebelum ini saya sangat jarang menghapal surat-surat panjang lebih dari 10 ayat,, hihihi. Karena terlalu berat dan merasa butuh bantuan akhirnya saya menemui mentor saya dan berlatih dengannnya. Beliau mengatakan bahwa menghapal itu memang susah apalagi untuk surat dalam Al-Quran yang jarang dicoba untuk menghapalnya. Beliau mengatakan bahwa dirinya sudah terbiasa menghapal karena beliau lulusan pondok dan lingkunganya mendukung untuk mempelajari kitab suci Al-Quran. terbukti mengapa selama ini saya sangat sulit menghapal. Di rimah setiap harinya selalu ada anak kecil yang ramai dan itu menganggu saya.

Dalam kasus ini lingkungan sangat berpengaruh dalam poses belajar.
Tempat yang nyaman, sepi dan dikelilingi oleh orang-orang yang juga menimba ilmu sangat cocok untuk belajar.

Mengapa demikian ?
Ketika kita belajar dalam tempat yang nyaman dan sepi tentu saja pikiran kita akan terfokus pada apa yang kita pelajari. Ini merupakan poin terpenting untuk belajar.
Lalu mengapa orang-orang di sekeliling kita juga mempengaruhi proses belajar kita ?
Ini menyangkut dengan motivasi untuk belajar. Ketika orang-orang disekeliling kita juga melakukan hal yang sama kita akan lebih termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Melakukan hal baik berasa-sama dengan orang lain akan menambah kepuasan bagi diri kita sendiri.

Banyak kasus yang seperti itu. Ketika saya duduk di bangku SMA kelas 3, banyak teman-teman yang memanfaatkan jam kosong untuk berlatih soal-soal. Saya sebenarnya malas untuk belajar namun karena tidak ada teman yang mau diajak keluar kelas saya pun ikut belajar. Situasi seperti ini juga sangat bagus untuk menanyakan materi yang belum kita pahami.




On Feb 25th, 2016
EstinaLa

1 comment: