Tuesday, October 4, 2016

Berbicara di Depan Umum? Ini yang Kamu Butuhkan






Sebelumnya Estina mau cerita kalau Estina baru aja pulang dari sebuah diskusi sama kakak tingkat dan teman-teman (Jangan bilang ke mama masalah ini) tentang public speaking. Kebetulan kakak tingkat Estina ini yang jadi pembicara waktu acara pelatihan kepemimpinan tingkat jurusan. Nah, karena waktu habis dan materi yang disampaikan belum tuntas pada saan itu, maka Estina mengajak beberapa teman dan sang coach untuk berdiskusi kecil. 


Dulu, ketika masih menjadi crew radio komunitas, Estina juga pernah mendapat pelatihan MC. Ternyata materi yang disampaikan tidak jauh berbeda. Yang membuat semakin sama adalah metode untuk menjadikan performa kita sukses di depan umum.


Kedua pemateri memiliki cara yang sama, yaitu persiapan (preparation)
Semakin dalam  kita menyiapkan materi yang akan kita bawakan semakin bagus juga penampilan kita di depan umum. Pemateri Estina saat pelatihan MC dulu bahkan mengatakan bahwa  
tidak ada yang namanya jam terbang, ketika semua persiapan itu sudah baik maka kita juga akan baik saat tampil. Pertama Estina sedikit tidak setuju, karena dengan jam terbang inilah cara terbaik bagi kita untuk melatih menyiapkan segalanya.


Setelah mengikuti beberapa diskusi dengan pemateri public speaking, beliau juga menyampaikan bahwa persiapan adalah hal yang paling vital untuk tampil di depan umum. Dia jga bercerita bahwa sebelum dia tampil menjadi pemateri di depan kita semua, dia juga belajar tentang materi yang akan dia sampaikan. Dia bahkan tidak menyinggung tentang jam terbang, tidak satu kata pun.


 Dalam diskusi inipun kami diminta untuk menjadi pemateri dan disediakan waktu untuk persiapan. Dengan praktek ini Estina jadi lebih mengerti mengapa persiapan menjadi sangat penting di banding yang lain.
Dalam sebuah artikel yang di tulis oleh dosen saya, beliau juga menuliskan bahwa Perfection Need Preparation.

So, let’s prepare!

19 comments:

  1. Bener..jam.terbang sedikit pengaruh yaaa

    ReplyDelete
  2. Wah aku masih belum pede disuruh ngomong di depan umum

    ReplyDelete
  3. Prepare kartu nama juga, kalo2 ketemu producer, eaa

    ReplyDelete
  4. harus banyak blajar nih tentang public speaking persiapan buat sidang..

    ReplyDelete
  5. Saya beberapa kali tampil sebagai pembawa acara, tapi masih juga nervous.
    gimana ya cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  6. Jadi mesti ada yang harus dipersiapkan ya.. hmmm.. catatan buat saya

    Tran Ran

    ReplyDelete