Wednesday, March 9, 2016

"Apa perbedaan pendidikan dan sastra Inggris?" saya bertanya.

Sering sekali orang-orang di sekitar saya bertanya kepada saya "apakah perbedaan antara sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris?". Sesering itu pula saya bingung harus menjawab apa. Meskipun saya mempelajari salah satu jurusan tersebut saya tetap tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan di atas.



Keduanya sama-sama mempelajari bahasa Inggris, sama-sama bisa menjadi guru bahasa Inggris, dan apa yang dipelajari tidak jauh berbeda. Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa sastra Inggris lebih sulit, tidak mengubah pemikiran saya bahwa mereka tidak berbeda.



Harusnya jelas apa yang membuat berbeda namun hingga saya menjadi mahasiswi semester dua pun saya tidak terlalu mengenalnya. Apa ini karena saya kurang menyerahkan segala hati saya untuk mempelajari jurusan yang saya ambil saat ini?



Ah, pertanyaan menyakitkan. Setiap kali pertanyaan ini terlontar baik dari diri sendiri atau orang lain selalu membuat saya memgingat saat-saat menyedihkan dalam dunia kependidikan di kehidupan saya ( Nala lebay :D ).



Saya tidak mau menyebutkan bahwa saya salah jurusan, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa saya tidak dapat melupakan jurusan yang selama ini saya impikan.



Setiap jurusan yang ada di perguruan tinggi tidak ada yang salah. Semua jurusan memiliki kemungkinan yang sama untuk membuat kita sukses dimasa depan, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya dalam meraih kesuksessan tersebut.



Minat dan passion berpengaruh besar dalam menjadikan segalanya menjadi nyata. Begitupun dengan mencintai jurusan yang kita ambil saat kuliah.



Apa karena aku tidak mencintai apa yang telah ku putuskan?? Hingga aku tak pernah benar-benar tahu apa yang kulakukan. Bahkan untuk menjawab sebuah pertanyaan sederhana.



Apakah perbedaan antara pendidikan bahasa Inggris dan sastra Inggris??

2 comments:

  1. I thought I'd told to you all. They have same object but they are different in perspective. The one focuses on educating people to aspects which are teachable related to academic purpose. On the other hand, English letter concerns on language appreciation and critics to language aspects, phenomena, to products.

    ReplyDelete