Tuesday, June 11, 2019

Apakah Autis Menular?



Hasil gambar untuk sindrom autis
https://www.mamibuy.co.id/talk/article/63214
Autisme merupakan gangguan yang memengaruhi perkembangan sosial dan kemampuan anak untuk berkomunikasi. Perilaku yang tidak biasa yang ditunjukan seperti gangguan motoric berulang (repetitive). Sejak tahun 1990 autisme sudah menjadi kategori terpisah dalam IDEA (Individuals With Disabilities Education Act), sehingga kelainan-kelainan lainnya yang sama seperi autis dikategorikan dalam satu istilah yaitu ASD (Autisme Spectrum Disorder) atau pervasive development disorders. Kelainan yang termasuk dalam kategori ASD memiliki karakteristik sesuai dengan tingkat keparahan tiga area yaitu kemampuan komunikasi, interaksi sosial dan pola perilaku yang repetitif dan stereotip.

Secara singkat, terdapat lima kelaian atau gangguan dalam ASD:
1.  Autisme, penarikan diri yang ekstrem dari lingkungan sosial, adanya gangguan komunikasi, tingkah laku atau pola perilaku yang terbatas dan berulang (stereotip) yang muncul sebelum usia 3 tahun. Gangguan ini lebih banyak di alami oleh anak laki-laki daripada anak perempuan.
2.     Asperger Syndrome, Gangguan yang mirip dengan dengan autisme atau dapat disebut juga sebagai mild autism (autis tingkat ringan) tanpa gangguan signifikan dalam kognisi dan bahasa. Anak dengan gangguan AS ini memiliki tingkat intelegensi yang tinggi dan komunikasi yang lebih baik tetapi kesulitan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial
3.    Rett Syndrome, Sindrom ini sering terjadi pada anak perempuan yang muncul di usia 7-24 bulan. Pada sindrom ini anak mengalami kemudunduran berupa hilangnya kemampuan gerakan tangan yang bertujuan serta keterampilan motorik yang telah terlatih seperti membahasi tangan yang berulang dengan air liur.
4.   Childhood Disintegrative Disorder, Perkembangan anak di usia 2-10 tahun termasuk dalam normal. Namun di kemudian diikuti kehilangan kemampuan yang signifikan. Munculnya gangguan fungsi sosial, komunikasi dan perilaku yang dapat bersifat progresif dan menetap. Sebagaian anak yang menderita gangguan ini disertai dengan gangguan retardasi mental.
5.   Pervasive Developmen Disorder Not Otherwise Specified (PDD-NOS), Individu yang memiliki perilaku autis yang termasuk dalam tingkatan yang lebih rendah atau baru muncul setelah usia tiga tahun atau lebih.

Apakah penyebab sindrom autis?

Beberapa tahun yang lalu, penyebab autisme masih merupakan misteri. Sekarang, berkat alat kedokteran yang semakin canggih, diperkuat dengan autopsi, ditemukan beberapa penyebab, seperti kelainan neurologis pada susunan saraf pusat (otak), masalah genetic, masalah selama kehamilan dan kelahiran, keracunan logam berat, terinveksi virus, vaksinisasi, kelebihan peptida opitoid.


Lalu apakah sindrom autis ini menular?

Jawabanyya jelas, Sindrom autis bukanlah penyakit menular seperti IMS ataupun penyakit yang bisa menular melalui media-media tertentu. Autis tidak menular.
Namun perilaku-perilaku yang ditunjukan oleh orang yang terkena gangguan autis seperti gerakan motoric yang berulang, pandangan mata, komunikasi, dapat ditiru dan diprakatekkan oleh orang lain (modelling). Bahkan tidak jarang setelah kita melihat film atau melihat orang yang terkena gangguan sindrom autis ini akan ada beberapa gerakan yang tanpa sengaja atau dengan sengaja kita ikuti. Biasanya perilaku-perilaku yang diikuti adalah gerakan motoric yang berulang atau repetitive.





Sumber :
Samuel Kirk, Educating Exceptional Children
Hallahan & Kauffman, Handbook of Special Education
Mangunsong, Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

8 comments:

  1. bisakah kita untuk mengurangi pergerakan gerakan motorik penyandang saat sedang hyperaktif tanpa obat bius?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa anak dengan autis punya poa sendiri untuk ditenangkan, entah dengan barang-barang tertentu, atau dengan cara tertentu seperti dipeluk. hanyaperlu berhati-hati, karna anak dengan sindrom autis biasanya sensitif dengan sentuhan. tergantung pola masing-masing anak

      Delete
  2. Iya ihh kadang suka ngikutin gitu abis nonton film

    ReplyDelete
  3. Autis itu bisa karena jalur keturunan ga sih? Dari keluarga ayah atau ibu gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini belum ada yang menyatakan penyebabnya dari keturunan. beberpa referensi mengatakan usia ayah yang terlalu jauh(terlalu tua) ketika si ibu hamil juga berpengaruh.

      Delete
  4. Jadi autis itu bukan orang yang jarang keluar rumah hihi

    ReplyDelete