Saturday, March 19, 2016

4 Masalah Sederhana namun Berdampak Besar bagi Penulis Pemula

Banyak diantara kita yang ingin menjadi penulis. Tentu saja hal itu menjadi impian yang sangat menarik ketika kita mengingatnya. Membayangkan akan menjadi penulis terkenal, membuat buku best seller, hingga kisah yang diangkat menjadi film dan abadi sepanjang masa.

Mimpi akan menjadi mimpi ketika kita hanya membayangkannya tanpa bertindak. Mencari solusi mengapa naskah tidak kelar-kelar juga tidak akan optimal jika kita tidak tahu titik permasalahannya.
Lalu apakah masalah yang kerap dialami oleh para penulis pemula ?






Berikut adalah masalah- masalah sederhana namun berdampak besar yang kerap dihadapi penulis pemula :

1.Kerap Menunda-nunda
Ketika kita tidak punya deadline untuk tugas menulis tentu akan sulit membuat diri menjadi disiplin menulis. Padahal, sering mengasah diri dengan kerap menulis adalah salah satu cara membuat tulisan kita semakin menarik dan berkualitas.

2. Terlalu Banyak Ide
Ketika kita kurang konsentrasi terhadap satu tema dan terlalu banyak memiliki ide terhadap satu tulisan, akan sangat mudah bagi kita untuk mengganti-ganti jalan cerita. Ini lantas membuat kita selalu ingin menampilkan yang paling menarik dengan menambahi dengan ide-ide kita, bahkan tidak berkaitan dengan tema pertama kita. Tentu saja membuat naskah kita tidak kelar-kelar.

3. Merasa Multitasking
Bagi kita yang sibuk dengan beberapa urusan dan ingin menyempatkan waktu dengan menulis biasanya akan mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu. Walaupun kita dapat mengerjakan segalanya dalam waktu yang sama, namun kecil kemungkinan untuk menghasilkan karya yang memuaskan, bahkan dalam penilaian diri sendiri. Yang akan terjadi justru kita akan kesal dengan diri sendiri dan kerap melupakan tugas menulis.

4. Kalah Sebelum Berperang
Tentu baik bagi kita untuk memiliki komunitas menulis yang akan saling menyemangati satu sama lain. Namun lain ceritanya jika kita selalu minder dengan karya teman seperjuangan. Merasa karya teman lebih baik akan membuat kita jiper dan kalah sebelum berperang. Perasaaan seperti ini biasanya menyurutkan semangat kita untuk menulis.


Semoga kita dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut dan membuat mimpi kita sebagai penulis menjadi kenyataan. Aamiin.


8 comments:

  1. Saya mengalami semuanya...semuanyaaaaa

    ReplyDelete
  2. cie kita pada samaan ya mbk ratih

    ReplyDelete
  3. Good identification.
    Can I add something? Talking about idea which become much developing multiply, it is actually a good thing, Es.. You just should manage your full of ideas.
    Everyday I have ideas changing simultaneously. So, I try to organize them. But, it's okay. Let people know number 2 which really exists.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm, agree with you sir. So, cannot manage our ideas is the problem, right ?

      Delete