Tuesday, March 1, 2016

Me-Time : Gimana Bagi yang Sibuk ?

Me-Time, seperti yang telah diketahui banyak orang, watu dimana kita menghabiskannya dengan diri kita sendiri. Menjadi penyejuk saat penatnya aktivitas kerja mulai melanda.

Berbagai manfaat dari Me-Time pun sudah dirasakan setiap pelakunya. Mendapat waktu untuk beristirahat dari segala aktivitas pekerjaan, meredakan stress yang hampir melanda hingga menjadi waktu untuk mengintropeksi diri sendiri (bermuhasabah).

Sebagian dari kita menggunakan Me-Time untuk memanjakan diri seperti shopping, pergi ke salon, melakukan hobby,berolahraga, bahkan tidur.

Lalu bagaimana bagi mereka yang ketika hendak beranjak tidur malam pun sudah terbayang tugas di hari esok? Tentu sulit mendapatkan Me-Time. Me-Time bukan berarti menghabiskan waktu yang cukup lama untuk bermanja ria dengan diri sendiri. Bagi mereka yang setiap harinya sibuk dengan pekerjaan ini-itu dan sulit mendapatkan Me-Time. Saya akan mencoba memberi jalan untuk mendapatkan Me-Time.

Ini sedikit waktu yang bisa kita jadikan sebagai Me-Time :
1. Saat di dalam angkutan umum
Ketika kita pulang dari kerja atau ingin pergi ke tempat lain lagi, kita punya sedikit waktu untuk menyadari bahwa perjalanan masih cukup untuk menarik nafas dan merasakan hembusan angin sore yang menyapu wajah kita. Kita bisa menggunakan waktu ini untuk menyapa diri sendiri dan bersyukur atas apa yang telah kita dapat hari ini.

2. Saat menunggu sesuatu.
Mungkin kita biasa menunggu klien, dosen, atau tamu yang akan datang. Waktu kosong ini pun bisa kita gunakan untuk melakukan hobby seperti membaca buku,menulis  catatan, atau menarik nafas dan bersyukur.

3. Sebelum tidur.
Meskipun saat-saat seperti ini adalah saat yang paling melelahkan dan mendorong kita untuk segera beristirahat namun kita bisa melakukannya untuk bermeditasi sebentar dan bersyukur untuk hari ini.

Sesibuk apapun teman-teman setiap harinya, jangan lupa untuk memiliki waktu bagi diri sendiri. Ini akan berdampak baik bagi fisik dan psikis kita.

No comments:

Post a Comment