Monday, April 11, 2016

4 Cara Cepat Mendapat Ide saat Waktu Luang


Biasanya ketika kita memiliki waktu luang ingin rasanya menulis, namun sayang, saat paper sudah tersedia malah tidak ada ide yang muncul. Ini adalah maslah yang sangat menyebalkan dan membuat kita menunda untuk menulis.
Lalu bagaimana caranya mendapat ide menulis dengan cepat ? Liat beberapa cara di bawah ini :

1. Edit tulisan mu yang masih ada di draf
kalau kamu suka nulis, pastinya ada dong karya-karyamu yang masih mager di draf( males gerak) klo kamu beruntung kamu bisa menemukan lebih dari satu tulisan. Nah, kamu tinggal pilih tulisan mana yang mau kamu edit. Entah dari tanda baca nya ato alur ceritanya. Ketika proses mengedit ini otak kita akan bekerja lebih dan biasanya akan ada ide yang muncul untuk menulis lagi. Sebelum kamu lupa dan ga mood untuk nulis lagi, sebaiknya catet dulu ide yang kamu punya itu.

2. Membaca
Pada dasarnya banyak para penulis senior yang mengatakan bahwa menulis dan membaca itu saling berkaitan, oh bukan, sangat berkaitan. Ketika kita kehilangan ide untuk menulis, dengan membaca otak kita akan memunculkan ide-ide secara tiba-tiba. Selain memancing ide, cara ini juga penting bagi kita untuk menambah referensi menulis. Entah itu membaca nocel, buku pelajaran, majalah, media massa
atau browsing di internet. Tergantung teman-teman lebih suka yang mana.

3. Dengerin Radio
Walaupun kita bisa mendengarkan mp3 untuk mendengarkan musik, namun ketika kita mendengarkan radio akan ada pnyiar yang membagikan beberapa info penting. Entah itu berbagi tips, hot news atau sekedar info lalu lintas. Nah, dari info yang di berikan oleh penyiar kita bisa menggali ide untuk menulis.

4. Nonton Televisi
Sama seperti radio, kita bisa mendapat ide menulis dengan memperoleh info terbaru yang disiarkan oleh televisi. Bahkan ketika kita menonton telenovela kita dapat menemukan beberapa sudut pandang dan klimaks yang berbeda dan kita jadikan untuk tulisan kita.


Semoga beberapa cara di atas dapat membantu teman-teman untuk mendapatkan ide dengan cepat ketika memiliki waktu luang namun kosong ide untuk menulis.

Semangat menulis :)

No comments:

Post a Comment