Wednesday, April 13, 2016

4 Cara Sederhana Menghadapi Masalah Menulis Sebagai Penulis Pemula

Menyelesaikan karya yang baik bagi penulis pemula memang susah-susah gampang. Susah nya adalah ketika kita dihadapkan pada masalah-masalah sederhana seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya (Yang Ini). Namun tentunya setiap masalah memiliki jalan keluarnya masing-masing, Begitu pun masalah untuk menyelesaikan naskah kita yang tak kunjung keluar dari ruangan bernama DRAF. Lalu cara apakah yang harus kita lakukan untuk mengahadapi masalah-masalah sederhana yang berpengaruh besar bagi penulis pemula ?


Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghadapi masalah tersebut.

1.Membuat Deadline
sebagai penulis pemula tentu kita masih sangat tergantung dengan yang namanya mood menulis. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita perlu membiasakan diri rutin menulis dengan memberi tenggang waktu untuk karya yang sedang kita garap. Mengapa demikian ? Ketika kita memiliki deadline, pikiran kita akan terbiasa untuk tidak menunda-nunda mengerjakannnya. Dengan demikian kita akan terbiasa disiplin dalam menulis

2.Membuat Outline
Sangat bagus apabila kita memiliki banyak ide dan jalan cerita untuk tulisan kita. Namun itu akan menjadi masalah ketika kita tidak mampu mengatur nya. Agar kita tidak mencampur-adukkan semua ide dalam satu tulisan, sebaiknya kita membuat outline terlebih dahulu untuk naskah kita. Sehingga tulisan kita tidak akan mubazir dengan ide yang tidak berkaitan dengan topik tulisan.

3.Fokus
Yang dimaksud fokus disini adalah tidak mengerjakan beberapa hal yang membutuhkan pemikiran berat dalam satu waktu. Ketika kita sedang menulis naskah sebaiknya kita meninggalkan pekerjaan yang lain dan memberi waktu khusus untuk menulis. Dengan memberi waktu khusus ini kita akan dapat menyalurkan segala pemikiran kita untuk menulis dan terhindar dari kehilangan diksi.

4.Siapkan Mental Baja
Tentu saja orang-orang disekitar kita akan memberi pendapat mereka tentang tulisan kita. Yang jadi masalah adalah jika mereka memberi pendapat yang dapat merusak mood kita untuk menulis. Jika sudah begini kita akan kehilangan semangat untuk menulis dan merasa minder dengan yang lain. Maka penting bagi penulis pemula untuk menyiapkan mental baja agar kita siap dikritik oleh siapapun.


Semoga cara-cara di atas mampu membantu teman-teman untuk tetap bekarya dan menyelesaikan naskah-naskah nya.

No comments:

Post a Comment