Tuesday, June 28, 2016

Pengumuman SBMPTN, Persiapkan Dirimu

http://www.ptn.web.id/2016/06/pengumuman-hasil-kelulusan-sbmptn.html

Gak kerasa udah tinggal beberapa jam lagi pengumuman SBMPTN. Gimana perasaan teman-teman?
Deg-degan, biasa aja, atau malah sangat optimis?


Dulu waktu Nala nunggu pengumuman biasa aja, tapi pas hari H, hemmm mashaAllah.
Tapi kita tahu bahwa peluang SBMPTN itu tidak terlalu besar, berpikir optimis boleh saja, namun kita juga harus siap-siap dengan segala resiko terburuknya.


Kita tidak hanya bergantung pada hasil SBMPTN namun juga harus memiliki rencana lain. Seperti kata orang, ketika rencana A tidak berhasil, masih ada 25 huruf lagi. Itu artinya kita harus memiliki rencana lain yang telah kita pikirkan sebelumnya. Bukan menakut-nakuti, ini bekerja sebagai antisipasi jika memang kita belum beruntung.


Seperti percakapan dengan salah satu teman saya yang sudah kuliah namun tahun ini mengikuti tes SBMPTN lagi.


Saat Nala tanya bagaimana persiapan nya menunggu hasil SBMPTN dia menjawab bahwa dia sangat optimis, namun saya memberi pertanyaan lain. Bagaimana jika akhirnya dia tidak lolos. Dia menjawab akan mengikuti ujian mandiri. Yang saya bingung adalah, dengan segala kesiapannya untuk menduduki jurusan impian, sampai sekarang dia masih aktif mengikuti kuliahnya saat ini. Saya tidak paham dengan yang ini.


Teman-teman pasti tahu rasanya ditolak tes masuk perguruan tinggi, sangat menyakitkan. Terlebih perguruan tinggi yang sangat kita ingini. Rasanya hampir sama ketika kau tahu bahwa dirimu gagal lolos SNMPTN. Sedikit lebih sakit, karena satu lagi jalan menuju kampus tercinta tertutup.


Sungguh, berlama-lama dengan-Nya adalah hal yang paling mujarab saat kau merasa apa yang telah kau lakukan tak berarti apa-apa. Sia-sia.


Hidup bukan hidup tanpa ujian. Tidak gampang Nala mengatakan ini karena Nala berulang kali tidak lolos ujian masuk perguruan tinggi, hahahha. Beginilah hidup, banyak kejutan.


Karena banyak kejuatan itulah. Kita selalu berharap bahwa lolos SBMPTN akan menjadi kejutan terindah di bulan Ramadhan tahun ini. Aamiin :)



Semoga kita memang benar mendapat kejutan yang terindah ini. Sukses buat kita semua.



###


Cek hasil baikmu disini. :)

5 comments:

  1. tidak lolos SBMPTN..bukan akhir segalanya kan? heheh

    ReplyDelete
  2. tidak lolos SBMPTN..bukan akhir segalanya kan? heheh

    ReplyDelete
  3. Aku dulu lolos jalur undangan di univ. Negeri padang. Tapi, ibu nggk restu aku kuliah jauh2. Akhirnya nggk aku ambil. Dan mncoba peruntungan masuk lewat SNMPTN di usu,unimed,dan uin Medan hasilnya "belum lulus" mngkin fakultas yg aku ambil trlalu tinggi yakni "Teknik industri". Rencana Allah itu indah. Akhirnya kuliah di Malaysia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya kak Dew. bagi yang bisa bersyukur semua nya indah :D

      Delete