Thursday, May 5, 2016

Jangan Khianati Aku





Jika cinta dapat mengubah dunia, mengapa dia tidak boleh membuatku gila?”

                                                                            ###

Ini kisah tentang seseorang yang rasa cintanya merupakan dinamika untuk hidupnya.
Ketulusannya dibayar dengan pengkhianatan sepanjang hidup. Kenangan buruk yang membuatnya tak ingin lagi mengenal arti cinta yang sebenarnya.

                                                                            ###

Namanya mbah Madi. Orang sepuh yang pernah tinggal dibelakang rumahku. Dia anak dari kakaknya nenek buyutku. Semoga kau tidak bingung. Aku memanggilnya mbah karena memang dia seumuran dengan nenek ku.

Aku tak terlalu mengenalnya. Saat dia tinggal dibelakang rumahku, saat itu aku masih berada di Jawa Barat dan kini ketika aku telah pulang ke tanah Jawa dia telah pindah rumah. Kami bertemu hanya jika aku berlibur ke Solo. Itupun tak terlalu intensif, aku masih kecil saat bertemu dengannya.

Pernah suatu hari aku bersama ibu bertemu dengan mbah Madi di pinggir jalan. Dia menyapa kami duluan. Aku tak mengenal siapa dia, tapi mama asik berbincang dengannya. Bahasa Indonesia, pendengaran dan ingatannya masih sangat bagus, belakangan ku tahu itu mbah Madi. Kakak-kakak ku yang sejak kecil tinggal di Solo mengatakan bahwa mbah Madi orang yang pintar dan pandai berbahasa Inggris. Akupun tak paham sepandai apa dia. Yang aku tahu sejak kecil dia sudah menjadi seorang “mbah”. Seorang diri menempati rumah dan tak terpikirkan olehku kemana keluarganya.

                                                                            ###

Rumahku kedatangan tamu spesial. Seorang adik satu-satunya dari ayahku yang telah lama sekali tidak pulang. Mendengar cerita dimasa kecilnya membuatku merindukan kehadiran seorang nenek. Aku tak pernah tahu bagaimana rasanya menjadi seorang cucu. Nenek ku meninggal ketika aku masih kecil, mungkin aku belum sekolah. Meninggalnya nenek berarti tak ada seorangpun orangtua dari keduaorangtuku yang masih hidup. Aku bahkan tak tahu kapan kakek dan nenekku yang lain meninggal.

Kisah ini membuka pembicaraan tentang mbah Madi, bagaimana dulunya dia bisa tinggal di belakan rumah dan kini pindah ke tempat saudara yang lain.

mbah Madi itu pintar lo dek. Dia anak tunggal. Tapi ya itu, dia ditinggal sama pacarnya”

Ternyata mbah Madi pernah belajar di jurusan teknik UGM, sebuah hal yang membanggakan apalagi di jaman dulu. Menjadi mahasiswa yang pintar dan tentunya idaman para wanita. Ini yang celaka. Ketika semua kepercayaan telah diberikan, ketulusan dan harta tak pernah kosong. Kesetiaan dari sang kekasih tak seperti yang diimpikan. Kekasih mbahMadi meninggalkannnya.

Hati siapa yang tak terluka. Sejak saat itu mbah madi tak lagi menghiraukan perasaan cinta dalam hatinya. Mungkin cintanya telah padam dan tak pernah kembali. Hidupnya selalu sendiri. Entah menanti sang kekasih kembali atau telah muak dengan yang namanya cinta.

Dampak yang sangat luar biasa dari pengkhianatan sebuah cinta. Hidupnya dipandang menyedihkan dimata orang lain walau kita tak pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi dihatinya.

                                                                            ###

Sekejam itukah cinta bagi sebagian orang?
Apa terlalu sulit menjaga kesetiaan setelah semuanya diberikan?
Kau tak akan meninggalkanku, kan?


No comments:

Post a Comment