Tuesday, September 27, 2016

Saat Kau Pergi (ex naskah drama radio)



@SoloRadio's pict


Saat Kau Pergi

Opung sebagai Dimas
Clara sebagai Aya
Written by EstinaLa( Sololovers)
Edit by Prod. Dansukiman
On Air : 15.04.2016


Segmen 1
Hay selamat malam kamu yang masih aku perjuangkan diam-diam, yang selalu aku doakan tiap sujudku.Aku disini baik-baik saja, semoga kamu jg demikian. Oh iya, kenalinnamaku Aya, aku sekarang masih duduk di kelas 1 SMA,  danaku suka basket. Basket, kalo ngomongin basket mungkin nggak ada habisnya, apalagi kalo udah ngebahas Dimas!


Dimas?Siapa dia?Kamu mungkin belum kenal, nanti kalo kamu pengen kenalan main aja ke lapangan basket di sekolahku tiap sore. Dimas sering tuh latian basket, dia jago banget loh! Kan, kalo udah ngebahas Dimas pasti aku cerita panjang lebar deh! Oke cukup, eh lanjut aja deh tanggung!


Aku tuh suka ngeliatin Dimas main basket dari pinggir lapangan, duduk di
 bangku yang udah disediakan oleh pihak sekolah. Dimas adalah temen basketku dari sekolah lain. Aku udah lama kenal sama Dimas, udah lama juga aku dan dimans nggak ada hubungan spesia, cuman temen. Iya temen nggak lebih.Dia sering banget latihan basket di sekolahku, entah apa alasannya aku juga nggak tau, pernah aku coba Tanya tapi jawabanya selalu sama “latian basket”. Hemmmm, Dimas itu satu tahun lebih tua dari aku.

Aya                  : "Hidupku bahagia banget sejak adaDimas .Dia tu selalu ada kalau aku pengin cerita apapun.Eman sih, mas Dimas bukan pacar, aku juga nggak berharap dia jadi pacar aku.Tapi aku ngga bakal rela kalau Dimas pergi.
Mas Dimas      : "Hayoooo, Lagi nglamunin aku ya ?"
Aya                  : "Apaan sih, Ge-eR banget jadi orang deh, emang aku lagi ngomongin kamu? Enggak yaaahhh”
Mas Dimas      : "Biarin, trus ngapain tadi sebut namaku? Hemmm ngliatin aku latian basket dari pinggir lapangan juga?"
Aya                  : "Aku kan lagi liatin temen aku latian, nggak ngeliatin kamu. Kamu sendiri kenapa sih seneng banget dateng latian ke sekolah aku, di sekolahmu emang nggak ada lapangan basket?Atau kamu nggak ada temen main basket ya disana?"
Mas Dimas      : " Ada lah, bagus malah. Lebih bagus dari ini, pengen aja latian disini"
Aya                  : "Masa sih ? Ga ada alasan  lain? Atau janan-jangan kamu pengen ketemu aku ya? Ngaku dehhhh! Hhahhahah!”
Mas Dimas      : "Hahahaha, ga usah ke Ge-eR an kamu, aku cuman pengen kenal sama anak basket sini aja kok"
Aya                  : "Ih nyebelinbanget .Pake senyum-senyum lagi.Yaudah lanjutin aja sana latiannya!”
Dimas              : “Kamu nggak mau ikut basketan? Nggak apa-apa nanti aku ajarin deh”
Aya                  :” Nggak lah, aku disini aja. Lagipula aku pengen istirahat.Capek daritadi di kelas pelajarannya susah banget.”
Dimas              : “ Oke deh, aku latian dulu ya. Kalo mau latian nanti kita di lapangan yang satunya lagi.Nggak usah sungkan kalo kamu mau aku ajarin. Heheh”
Aya                  : “ Lagi-lagi GR deh kamu Dim…, iya nanti deh aku nyusul”



Segmen 2


Emang sih aku dan Dimas beda sekolah, tapi keakrabanku udah melebihi dari temen satu sekolah bahkan satu kelas. Iya aku udah akrab naget, kayak kakak adik gitu lah. Dimas selalu bisa bikin aku ketawa, dia menjaga aku. Maksud aku dia menjaga dalam arti selalu ada saat aku butuh bantuan. Kemarin, aku nggak bisa pulang ke rumah. Dimas dengan senang hati mau nganterin aku pulang. Saat aku mau ulangan semester, dia rela ngajarin aku berbagai mata pelajaran. Bukan di rumah, tapi di lapangan basket. Bukan di tengah lapangan maksud aku. Tapi di bangku samping lapangan yang berada di bawah pohon gitu. Sejuk dan enak buat santai.


Hari-hari selanjutnya aku semakin sering bertemu dan bercanda tawa dengan Dimas, walopun kamu tau sendiri, aku dan Dimas kan nggak ada hubungan special, tapi aku seneng banget bisa ketemu setiap kali Dimas latian basket sore hari di sekolahku. Mungkin ini salah satu alasan kenapa aku sering pulang sore.Sore ini Dimas dateng lagi, aku udah nunggu banget loh di pinggir lapangan.Malahan tadi belum ada orang, pikirku Dimas nggak dateng. Eh Dimas dateng tuhm liat!


Mas Dimas      : “Cie, tumben latihan basket ngga telat”
Aya                  : ”Iya nih, soalnya ada yang ngarepin dateng dari tadi, hhahaha”
Mas Dimas      : “mulai deh GR nya keluar”
Aya                  : “Biarin, hahaha”
Mas Dimas      : “Duduk dulu sini ya, sambil nungguin yang lain dateng, mana lagi yang lain. Hemmm biasanya mereka nggak lama kayak gini”
Aya                  : “Cielah, tumben baik banget ada maksud apa ni, nyuruh duduk disampingmu”
Mas Dimas      : “Yee, gapapa kali. Cuma mau ngobrol aja dulu sama kamu sambil nunggu yang lain dateng”
Aya                  : “Kangen ya ngobrol samaaku?Mau ngomong apa?”
Mas Dimas      : “Ngobrol apa ya? Emm. Eh Ya, kamu tau toko olahraga yang bisa di ajuin kerja sama buat sponsor ga ?”
aya                  : ”Di daerah Delanggu kan ada mas”
Mas Dimas      : ”Udah, tapi masih belum bisa nih.“
Aya                  : “Coba Kartosuro deh Dim, kemarin temenku baru aja ngasih proposal buat sponsor di sekolahku, bisa kok. Buat acara apa emangnya Dim ?”
Mas Dimas      : ”Coba deh nanti aku cari disana. Anu, acara apa ya..Rahasia deh, tungguin aja nanti di sekolah aku ya!”
Aya                  : “Ih ngeselin. Pasti mau ngadain event basket ya?”
Mas Dimas      : “Eh anak kecil ga boleh sok tau. Udah, kita basketan aja sekarangyuk “
Aya                  : “ Kamu gitu ih, main rahasia-rahasiaan. Yaudah yang lain kayaknya nggak dateng deh!”
Dimas              : “ Yang kalah nanti traktir makan ya! Berani gak?”
Aya                  : “ Siapa takut! Pasti aku yang menang dan kamu yang bakalan traktir aku makan! Hahahahah”
Dimas              : “ Nggak bakalan aku biarin kamu menang, aku pasti menang”
Aya                  : “Eh Eh Eh, ngajak ke lapangan ga usah pake acara gandeng tangan juga kali”
Mas Dimas      : “Biarin, takutnya nanti kamu jatuh. Tuh licin abis kena air ujan. Hehehe”


ADEGAN MAIN BASKET
PERCAKAPAN DIKEMBANGIN LAGI YA, SEOLAH OLAH LAGI MAIN BASKET

( Ungu ft Andien- Saat bahagia)


Aya                  : “ Nah kan, apa yang udah aku bilang! Aku yang menang”
Dimas              : “ Kamu curang ih, masa aku didorong ke luar lapangan sih?”
Aya                  : “ Itu kan trik aku, ehehhe. Bakalan ditraktir enak nih sama Dimas”
Dimas              : “ Heemm, iya deh iya. Tapi bayar sendiri ya! Hahahah”
Aya                  : “ Enak aja, kamu dong yang bayar. Kau kan kalah”
Dimas              : “ Iya iya becanda kok!, Besok sore kita ketemu disini lagi ya”
Aya                  : “ Oke Dimas”



 Segmen 3


Aku udah nyaman banget sama Dimas, rasanya kalo boleh jujur aku pengen pacaran sama Dimas. Tapi nggak tau kenapa aku masih pengen seperti ini, dengan perasaan yang aku rahasiakan.

Dimas              : “ Nanti malem kamu ada tugas gak kita keluar yuk, nonton film kayaknya asik”
Aya                  : “ Emm, nggak ada tugas apa apa kok, tadi kayaknya pak guru lupa ngasih PR”
Dimas              : “ Em, oke deh. Nanti malem aku ke rumah kamu ya”
Aya                  : “ Jam 7 lho jangan telat, jangan malem malem juga ya Dim”
Dimas              : “ Iya, jam 7 aku udah sampe ke rumahmu”

Dimas, bukan pacar aku tapi perhatian dan perlakuannya ke aku udah melebihi pacar. Ah, ini perasaanku aja atau emang Dimas orangnya baik banget? Tuhan, kenapa aku berfikir seperti ini?

DIMAS UDAH SAMPAI DI RUMAH AYA
Dimas              : “Nah, kan aku nggak telat. Kamu malah belum siap siap.”
Aya                  : “ Heheh iya, tunggu ya. Kamu sih baru juga jam 6.30 udah kesini”
Dimas              : “ Aku takut kamu nanti marah kalo aku telat”
Aya                  : “Yaudah, aku siap siap dulu ya”
Dimas              : “ Jangan lama-lama lho. Nanti aku pergi kalo kamu dandannya lama”

Aku dan Dimas keluar, nonton film. Selesai nonton film seperti biasa kita nggak jarang makan bareng. Ya mungkin udah menjadi kebiasaan juga anak muda jaman sekarang. Jam 10 malem aku pulang, kebetulan aku nggak dimarahin sama mama karena tadi udah ijin terlebih dulu.


Oke, hari ini aku seneng banget. Hingga akhirnya aku tertidur pulas, hingga pagi datang dengan kicauan burung di luar sana!
Aku kembali ke sekolah hari ini, kembali Dimas bahas soal proposal kerja sama gitu. Aku jawab sebisaku dan Dimas meng iyakan apa yang aku katakan.


Selang beberapa minggu, Dimas ga pernah lagi keliatan di lapangan basket sekolahku. Ga ada kabar juga dari dia. Aku udah berusaha Tanya ke temen-temen basket tapi nggak ada yang tau.Apa mungkin dia pindah sekolah? Atau Dimas sakit?Ya Tuhan, semoga Dimas baik-baik saja.
Sore ini aku kembali ke lapangan basket, bukan untuk latian basket tapi untuk memastikan kalo dimas latian apa enggak.Seperti biasa, aku duduk di kursi itu lagi, berharap ada Dimas disana atau dateng setelah aku duduk.


Aya                  : “Dimas kemana ya, udah dua minggu ini ga pernah latian basket lagi ke sini. Dia juga ga update status apa-apa. Kenapa sih aku ga punya nomer HP nya. Ah, kalau pun punya pasti aku ga berani sms duluan. Kita kan akrab kalau ketemu doang.”
Aya                  : “ Baru kemarin aku bisa seseneng itu main baket bareng kamu Dim, makan bereng juga”
Aya                  : “ Kalo boleh jujur Dim, aku tuh suka sama kamu, aku sayang sama kamu.”
Aya                  : “ Aku cuman nggak berani ngungkapin ke kamu, masa iya cewek yang duluan”
Aya                  : “ Apa mungkin dia udah punya pacar? Dan nggak ngebolehin kenal sama aku? Atau mungkin dia udah nggak mau latian lagi di sekolah aku?”
Aya                  : “ Dimas, kamu dimana? Kamu nggak kasian sama aku? Aku kangen kamu dim”

Kamu tau?Semenjak Dimas nggak pernah dateng lagi, aku jadi nggak semangat ke sekolah.Dateng ke sekolah, masuk kelas, istirahat, masuk lagi, pulang. Udah gitu terus nggak kayak biasanya waktu ada Dimas.

                                                                        ####

Mas Dimas      : “Hemm, akhirnya selesai juga nyebar brosur sama pasang poster lomba basket. Udah jam setengah lima tapi harus balik lagi rapat di sekolahan. Semoga event nya sukses deh”
Dimas              : “ Cape banget tapi harus semangat, demi event keren! Dan sekolahku harus menang!”


DIMAS
Ya, sekarang aku sibuk ngurusin acara basket buat ualng tahun sekolahku.Jadi akhir akhir ini aku nggak sempet latian di seolah Aya.Nggak pernah main bareng Aya lagi karena kesibukanku sebagai panitian acara basket dan acara ulang tahun sekolah.

(Ratu – Dear Diary)


Segmen 4
Sebulan lebih Dimas ga datang lagi ke sekolah ku untuk latihan basket.Beberapa hari yang lalu aku tahu kalau dia lagi ngurusin event basket di sekolahnya. Hari ini aku datang ke sekolah Dimas  untuk ngedukung tim sekolah aku tanding.

Aya                  : “ Dimas kemana ya kok ga keliatan. Dia kan panitia harus nya ada dong”
Aya                  : “ Itu Mas Dimas, tapi kok, kok ada cewek disampingnya ya. Apa bener yang temenya bilang kalau Dimas udah punya pacar? Jadi karena ini dia ga pernah lagi basket ke sekolahku.”
                                                                        ###

Mas Dimas      : ”Aya datang? O iya ya, dia pasti mau ngedukung tim sekolah nya”

                                                                        ###

Aya                  : “Eh, dia ngeliat aku, tapi kok ga nyapa sih. Dia kan ga harus ngejauhin aku meskipun dia udah punya pacar. Kita kan ga ada hubungan apa-apa. Apa itu berarti Dimas pernah ada rasa sama aku ?”
Aya                  : “Kenapa hatiku sakit ya lihat Dimas sama cewek lain. Bukan, bukan karena aku cemburu, aku cuma ga rela dia ninggalin pertemanan kita selama ini”

Aku nggak sampai selesai liat sekolah aku tanding, bahkan aku sama sekali nggak konsen sama pertandingan itu. Aku masih kepikiran sosok Dimas, kenapa sekarang dia nggak kayak seperti biasanya.

Dia yang nyenengin sekarang udah berubah.Aku pulang sebelum pertandingan selesai.

( Vagetoz – Saat Kau Pergi)

Hari- hari selanjutnya aku mulai kehilangan sosok Dimas.Hampir setiap hari aku Stalking akun fesbuk nya Dimas. Dan hampir setiap malam juga aku nagis karena merasa kehilangan nya.

Aya                  : “Eh Mas Dimas pasang status, tapi kok isinya”

                                                                                    ###

Mas Dimas      : ”Makasih ya buat hari ini. Cepet sembuh Erlita nya aku.Semangat buat kamu. Love you.”

                                                                                    ###

Aya                  : ”Oh, jadi namanya Erlita. Kok rasanya nyesek gini ya. Udah lama Dimas ga pasang status, sekalinya pasang status buat pacar nya.Hikss hikss hikss”


Segmen 5
Hingga aku naik kelas 3 SMA dan Dimas udah kuliah di Semarang pun ga ada kabar darinya.Lebih dari setahun aku mengharapnya kembali dan menjadi teman baik ku lagi.Semua sia-sia, tangis ku setiap malam nggak bikin Dimas tau gaimana rasanya di tinggal tanpa kata berpisah dan menunggu tanpa waktu yang pasti.Doa ku untuk bertemu dengan Dimas lagi, di jawaboleh Tuhan sekedar lewat mimpi.

Mas Dimas      : “Semangat pagi Aya”
Aya                  : “Semangat pagi yang jadi kakak pembimbing”
Mas Dimas      : “Ah apa iya si ?”
Aya                  : ”Iya ga ya, ceritain dong”
Mas Dimas      : “Cerita apa ?”
Aya                  : “ya yang jadi kakak pembimbing”
Mas Dimas      : “Aku mau denger ceritamu aja kok”
Aya                  : ”Cerita apa ?”
Mas Dimas      : “Cerita apa aja “
Aya                  : “ Sekarangaku kuliah di UNS”
Mas Dimas      :”Jurusan apa?”
Aya                  : “Solo-Semarang”
Mas Dimas      : ”Kenapa ga Klaten-Semarang ?”
Aya                  : ”Klateb-Semarang juga boleh”
Mas Dimas      : “hahaha”
Aya                  : “Kapan balik ke Klaten mas ?”
Mas Dimas      : ”Belum tau ni, belum ada libur. Kenapa kangen ya /”
Aya                  : “Cuma tanya aja “
Mas Dimas      : “Hahaha udah ketauhan kali kalau kagen”

Nggak cuman sekali atau duakali aku mimpi tentang Dimas,  tadi malem aku dipertemukan lewat mimpi. Sekedar ngobrol biasa.
Sekali lagi, beberapa hari ini aku kebali ketemu dimas di mimpi,  nggak seperti biasanya aku yang enggan membahas perasaan justru mempertanyakan ke Dimas soal perasaan.
Ya, aku tanya ke Dimas. Ternyata dia punya perasaan yang sama ke aku. Iya, sama sama suka.


Aku terbangun saat alarm bunyi di pagi ini, mengharuskan aku kampus. Tuhan, aku bersyukur karena Engkau udah mempertemukan aku dengan Dimas walopun hanya sekedar di mimpi.


Segmen 6

Aku mulai terbiasa tanpa Dimas. Walau dalam setiap doa ku selalu berharap dia cepat kembali. Maksud aku dia kembali mengenal aku kayak dulu lagi. Dimas datang tanpa alasan dan wajar jika dia pergi tanpa penjelasan. Tapi apa iya harus seperti ini caranya.Tiap kali aku liat lapangan basket di sekolahku, aku langsung teringat Dimas.Aku ingin sekali melupakannya, untuk sekejap saja.

(Tangga – Ajariku Rahasiamu)


 Hai ini aku lulus SMA, harusnya aku seneng bisa ngerayain kelulusanku.Tapi disini nggak ada Dimas yang dateng untuk sekedar membeikan kata selamat ke aku.
Selesai acara kelulusan, aku pulang.Iseng iseng buka facebook.Iya aku emang suka banget main facebook. Untuk twitter, instagram ataupun path aku sama sekali nggak tertarik!

Aya                  : “ Dimas bikin status di facebook, ini buat aku?”
Aya                  : “ Nggak kayak biasanya status buat aku kayak gini?”

                                                                                    ###

Mas Dimas      : ”Maafin ya Aya. Tiba-tiba menghilang.Semoga kamu sukses seperti yang di cita-citakan, mengejar suatu impian yang akan datang, rajin belajar jangan fesbukan terus.

Untuk beberapa watu yang nggak ditentukan aku bakalan jarang buka fabebook lagi, aku mau fokus belajar untuk menyelesaikan pendidikanku. Aku pengen membahagiakan kedua orang tuaku dengan secepat mungkin menyelesaikan sekolah, kamu juga harus bisa membahagiakan kedua orang tuamu ya”

Terimakasih telah menjadi temanku, menjadi adek perempuanku, membuat aku tersenyum.
Kalojodoh pasti ketemu lagi. Ketemu cerita tentang cerita detevtive conan lagi ya.
Terimakasih atas semuanya.Sampai jumpa.”


Ya dari dulu aku dan Dimas emang suka banget baca atau nonton conan, semua yang berhubungan dengan conan!
Sekarang aku nggak tau lagi dimana Dimas, akun facebooknya juga udah nggak aktif lagi, sekarang aku cuman bisa mengenang masa-masa indah itu. Saat di lapangan, saat tuker tukeran komik conan.
Buat Dimas, semoga kamu sukses ya, aku harap suatu saat nanti kita bisa ketemu lagi…. Sampai sekarang aku nggak tau dimana Dimas berada, yang aku tau Dimas masih suka main basket dan nonton atau baca segala hal tentang Conan. Miss u Dimas....

TAMAT

6 comments:

  1. wahhh,,,, serasa baca novel :D keren kk Estina..

    Tran Ran

    ReplyDelete
  2. wow ..
    keren banget mbk Estina.
    saya baru kali ini menemui tulisan bergaya naskah Drama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, makasih mas heru. Iya ni, buat drama radio

      Delete
  3. Iyah. Keren ... kebayang lho adegannya kayak gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak vinni bisa ngebayangin, klo aku ngalamin #Eh :D

      Delete